Langsung ke konten utama

Pemkab Siapkan Dana 27,9 Miliar

Pemkab Siapkan Dana 27,9 Miliar

 

TUKDANA 25/7/2013 - Keinginan perangkat desa dan para ketua RT untuk mendapatkan tunjangan sebelum lebaran segera terwujud. Hal ini menyusul adanya instruksi Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah yang memerintahkan OPD terkait agar mempercepat pencairan tunjangan bagi mereka.

Seperti yang dilansir Bagian Otonomi Desa melalui Bagian Humas dan Protokol Setda Indramayu, bahwa pada tahun anggaran 2013 ini Pemerintah Kabupaten Indramayu menganggarkan dana yang cukup besar bagi para kuwu dan perangkat desa serta ketua RT dan RW yakni  Rp. 27.930.800.000,- dari jumlah tersebut diperuntukan bagi tunjangan penghasilan tetap para kuwu dan perangkat desa sebesar Rp. 18.506.000.000,- dan untuk bantuan dana operacional ketua RT dan RW sebesar Rp. 9.424.800.000,-

Untuk tunjangan penghasilan tetap para kuwu dan perangkat desa akan dibagikan kepada 3.693 orang, jumlah itu terdiri dari kuwu 309 orang, sekdes non PNS 37 orang, TU 309 orang, keuangan 309 orang, kaur 1.236, dan bekel 1.493 orang.

Sementara besarnya tunjangan bagi kuwu sebesar 1 juta/bulan, juru tulis non PNS 500 ribu/bulan, sedangkan untuk TU, keuangan, dan kaur masing-masing sebesar 400 ribu/bulan, dan untuk bekel 300 ribu/bulan.

Untuk  bantuan dana operacional ketua RT dan RW akan dibagikan kepada 7.854 orang, para ketua RT dan RW mendapatkan bantuan dana operacional sebesar 100 ribu/bulan. Tunjangan yang akan dicairkan baik untuk para kuwu dan perangkat desa maupun untuk RT dan RW sebelum lebaran ini untuk 3 bulan yakni Mei, Juni, dan Juli. Sedangkan tunjangan untuk bulan Januari – April telah dibagikan.

Setidaknya, untuk pencairan bulan Mei, Juni, dan Juli sebelum lebaran ini untuk tunjangan penghasilan tetap sebanyak 3.693 kuwu dan pamong desa di 309 desa selama tiga bulan yakni mencapai Rp. 4.495.500.000,-. Sementara untuk bantuan operacional RT dan RW mencapai Rp. 2.355.900.000,- sehingga menjelang lebaran yang tidak lama lagi Pemkab Indramayu akan menggelontorkan Rp. 6.851.400.000,- bagi para kuwu, pamong desa, serta RT dan RW.

Wakil Bupati Indramayu Drs. H. Supendi, M.Si ketika menggelar safari ramadhan di Kecamatan Tukdana, Rabu (25/7) menegaskan, pemberian tunjangan tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemkab Indramayu terhadap jajaran pemerinthan desa dan para ketua RT/RW mengingat tugas mereka yang berhubungan langsung dengan masyarakat dinilai sangat berat. Mereka adalah kepanjangan tangan pemerintah, agen informasi serta penyelenggara administrasi kependudukan dalam mendorong perekonomian masyarakat.

Bahkan dengan makin tingginya dana yang disediakan, operacional perangkat desa maupun RT/RW juga mengalami kenaikan. Untuk itu, penyaluran dana tunjangan penghasilan tetap para kuwu, pamong desa maupun dana operacional para ketua RT/RW hendaknya dapat digunakan secara baik.

"Jumlahnya memang tidak seberapa namun tunjangan ini harus dibarengi dengan kinerja yang lebih optimal dalam melayani masyarakat," kata wabup. (deni/humasindramayu)

Postingan populer dari blog ini

Bupati Indramayu Kukuhkan Pengurus DPD FOKORGAKI

INDRAMAYU 27/3/2012 (www.humasindramayu.com) – Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah mengukuhkan pengurus Dewan Pimpinan Daerah Forum Komunikasi RT/RW Kabupaten Indramayu (DPD FOKORGAKI) Periode 2011 – 2016 yang berlangsung di Pendopo Raden Bagus Aria Wiralodra, Selasa (27/3).Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah dalam sambutannya mengatakan, ketua RT/RW merupakan mitra sekaligus perpanjangan tangan pemerintah di masyarakat. Peran ketua RT/RW sangatlah penting dan tidak dapat diremehkan, karena tugas dan fungsinya terkait dengan penyelenggaraan urusan pemerintahan, terutama yang dilaksanakan oleh pemerintah desa/kelurahan. Bupati mengingatkan ada pun tugas dan fungsi ketua RT/RW yaitu : pendataan kependudukan dan pelayanan administrasi pemerintahan lainnya, pemeliharaan keamanan, ketertiban dan kerukunan hidup antar warga, pembuatan gagasan dalam pelaksanaan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat, serta menjadi motor penggerak swadaya gotong royong dan partis…

PRESS REALESE Arah Kiblat Indramayu Aman

PRESS REALESJum'at, 26 Maret 2010Arah Kiblat di Indramayu Posisi Aman

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Indramayu terhitung Februari 2010 sudah melakukan pengukuran arah kiblat (posisi yang tepat ke arah Kabah) secara gratis terhadap 57 masjid yang diajukan masing-masing DKM-nya. Hal itu disampaikan Kasi Urusan Agama Islam (Urais) Kantor Kemenag setempat Drs H Amin Bay, MAg di kantornya.Menurutnya, dari 57 masjid tersebut setelah dilakukan pengukuran, diketahui delapan masjid arah kiblatnya tepat atau sesuai azimuth kiblat di Kabupaten Indramayu yakni 294 derajat, selebihnya serong ke arah barat masih kurang antara lima sampai 20 derajat bahkan ada yang lebih dari 20 derajat, diantaranya 17 masjid kurang lima derajat, sembilan masjid kurang 10 derajat, lima masjid kurang 20 derajat dan sembilan lebih 20 derajat.Berdasarkan hasil pengukuran ulang arah kiblat terhadap 57 masjid, meski sebagian besarnya kurang tepat, namun demikian karena kekurangan ukuran ketepatan arah ki…

STIKES DAN IBI GELAR BHAKTI SOSIAL PELAYANAN KESEHATAN DAN KB

(INDRAMAYUNEWS.COM) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) bekerjasama dengan
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) dan Rumah Sakit Umum Daerah
(RSUD)Indramayu, menggelar kegiatan Bhakti IBI Ranting Indramayu.
Kegiatan bhakti sosial IBI tersebut dibuka oleh Ketua TP PKK Hj Anna
Sophana didampingi Ketua Yayan Indra Husada Indramayu, Drs H Turmin
BSc berlangsung di halaman kampus STIKes, Rabu (16/6). Ikut hadir pula
Bupati Dr H Irianto MS Syafiuddin, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr
H Suwardi Astradipura, dan ratusan bidan yang tergabung dalam IBI
Cabang Indramayu.Kegiatan bhakti sosial IBI meliputi pelayanan kesehatan ibu dan anak
berupa pemeriksaan kehamilan dan pemantauan tumbuh kembang anak balita
serta pemberian makanan tambahan. Selain itu pelayanan keluarga
berencana dengan pemasangan alat kontrasepsi IUD dan implant, serta
donor darah dari anggota IBI Cabang Indramayu. Masyarakat di
lingkungan kampus STIKes yang baru beberapa bulan ditempati itu
menyambut baik, selain bisa memasang alat kontrasepsi …