Selasa, 13 Maret 2012

SMKN Losarang Menuju Citra Pelayanan Prima

INDRAMAYU 13/3/2012 (www.humasindramayu.com) – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Losarang dijagokan untuk menuju Citra Pelayanan Prima mewakili Pemerintah Kabupaten Indramayu sebagai lembaga dengan pelayanan prima. Hal ini ditegaskan Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Indramayu Dra. Masayu Nurhayati Rony, Selasa (13/3) di ruang kerjanya.

 

"Kami tengah mengajukan bahwa yang mewakili Kabupaten Indramayu pada Citra Pelayanan Prima ádalah SMKN Losarang. Instansi ini setidaknya telah memberikan pelayanan prima dengan memenuhi kriteria yang tepat, cepat, murah, aman, berkeadilan, dan akuntabel." Kata Masayu.

 

Berdasarkan Permenpan dan Reformasi Birokrasi Nomor 7 Tahun 2012 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Pelayanan Publik, maka lembaga/instansi yang akan dinilai menuju Citra Pelayanan Prima harus mencakup komponen dan beberapa indikator yaitu visi dan misi serta moto pelayanan berbobot 10 persen, sistem dan prosedur 35 persen, sumber daya manusia pelayanan  35 persen, serta sarana dan prasarana 10 persen.

 

Masayu menjelaskan, untuk komponen visi dan misi yang menjadi indikator penilaiannya yaitu apakah terdapat visi misi dan moto di lembaga tersebut yang mampu memotivasi pegawai untuk memberikan pelayanan terbaik, dan moto lembaga yang diumumkan secara luas kepada pengguna layanan, dan apakah di lembaga tersebut juga terdapat maklumat pelayanan atau janji pelayanan / dokumen sejenis yang berisi pernyataan kesanggupan untuk memenuhi estándar pelayanan.

 

Kemudian untuk komponen sistem dan prosedur yang menjadi indikatornya adalah apakah terdapat sistem dan prosedur baku yang dibentuk baik secara internal untuk mendukung pengelolaan yang efektif dan efisien maupun secara eksternal untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat pengguna layanan. Pada sistem dan prosedur baku internal meliputi Standard operating procedure (SOP), pengelolaan berkas/dokumen, pengelolaan pegawai, pengelolaan pengaduan / keluhan, dan pengelolaan mutu pelayanan. Sedangkan eksternal meliputi standar pelayanan yang meliputi unsur-unsur prosedur pelayanan, persyaratan, biaya/tarif, waktu pelayanan, mutu pelayanan dan mekanisme pengaduan/keluhan.

 

Ditambahkan Masayu, untuk komponen sumber daya manusia komponen ini berkaitan dengan profesionalisme pegawai yang meliputi sikap dan perilaku, ketrampilan, kepekaan, dan kedisiplinan. Sedangkan untuk komponen sarana dan pra sarana komponen ini berkaitan dengan daya guna sarana dan prasarana yang dimiliki.

 

Munculnya SMKN Losarang untuk maju ke penilaian Citra Pelayanan Prima ini diharapkan bisa mengharumkan nama Kabupaten Indramayu dalam kualitas pelayanan publik. Proses penilaian akan dilakukan pada bulan April – Mei mendatang. (deni/www.humasindramayu.com)

 

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda