Selasa, 26 Juli 2011

PDAM Tirta Dharma Ayu Siapkan 5.000 Sambungan Gratis

INDRAMAYU 26/7/2011 (www.humasindramayu.com) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Ayu Kabupaten Indramayu segera meningkatkan jumlah pelanggannya.

Saat ini, baru 20% penduduk Kabupaten Indramayu yang baru terpasang saluran air bersih. Sementara sisanya belum terlayani jaringan air bersih. Anggota Badan Pengawas PDAM Tirta Dharma Ayu Wawan Sugiarto, STP mengatakan, PDAM diminta segera menambah jumlah pelanggan baru pada tahun ini. Program 5.000 saluran baru untuk masyarakat berpenghasilan rendah menjadi salah satu target untuk meningkatkan jumlah pelanggan tersebut. "PDAM segera melakukan penambahan saluran pelanggan baru dan ini akan terus digenjot dalam tiga tahun terakhir," ungkap dia.

 

Sementara itu, Direktur utama PDAM Tirta Dharma Ayu Suyanto, ST menuturkan, pada 2011 ini, PDAM mendapatkan bantuan dana sebesar Rp14 miliar dari USAID untuk perluasan jaringan baru. Program ini akan dilakukan terhadap 5.000 pelanggan baru rumahan dari kalangan masyarakat berpenghasilan rendah.

Dia menjelaskan, program tersebut akan didanai USAID sebesar Rp14 miliar pada 2011. "Jadi, pemasangannya akan gratis. Karena, kita mendapatkan bantuan dari USAID sebesar Rp14 miliar,"ungkap dia. Dia mengakui, selama ini PDAM belum bisa mengoptimalkan pelayanan pada masyarakat. Namun, dia berjanji, pelayanan terhadap masyarakat dan pelanggan segera ditingkatkan.

"Kalau ada masyarakat yang membutuhkan air bersih, PDAM siap untuk memberikan bantuan,"tandasnya. Lebih lanjut kata dia, pada 2010, PDAM juga berhasil mendapatkan suntikan dana dari APBN sebesar Rp23,6 miliar. Dana tersebut digunakan untuk membangun jaringan pipa di sejumlah desa. Beberapa daerah yang berhasil tersambung dengan saluran air bersih yakni Kecamatan Anjatan, Haurgeulis, Cantigi, Arahan, Losarang; dan Kecamatan Jatibarang.

IPA Salam Darma juga mampu menambah pelanggan baru sekitar 20.000 kepala keluarga. Terkait dengan musim kemarau, Suyanto mengungkapkan, PDAM Tirta Dharma Ayu Kabupaten Indramayu menjamin pasokan air bagi pelanggan tetap aman. Sebab, debit air yang tersedia berada di atas batas normal. Dia mengungkapkan, kondisi debit air tahun ini memang jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

"Pasokan air saat musim kemarau, masih cukup aman. Kami berharap kondisi ini dapat bertahan hingga tiga bulan mendatang,"ungkap Suyanto. Hingga saat ini, lanjut dia, PDAM belum menerima laporan penerimaan bantuan air bersih dari masyarakat.Tapi, jika ada masyarakat yang meminta, pihaknya siap untuk memberikan bantuan. (Tomi/Deni/humasindramayu.com)

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda